Baby and family collection for heath and all everything

Thursday 24 July 2008

Kesehatan Kuku


Mata mungkin bisa jadi jendela jiwa, tapi kuku adalah jendela kesehatan. Bila kuku bisa bicara, mereka akan menceritakan kondisi kesehatan, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Menurut Andrea Cambio, MD, ahli kulit dari Florida, AS, ada beberapa warna kuku yang bisa dijadikan indikator kesehatan. Namun, tentu saja Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lengkap.

Putih atau agak kekuningan
Putih bisa berarti ada infeksi jamur. Bila tidak diobati, kuku akan menebal dan retak di bagian pinggir. Biasanya dokter akan meresepkan obat salep atau oral untuk membasmi jamur.

Rapuh atau pecah-pecah
Pada umumnya kondisi ini terjadi karena penggunaan bahan kimia yang terlalu sering, seperti detergen, penghapus kuteks, dan sebagainya. Tetapi kuku rapuh juga bisa menjadi tanda gangguan tiroid, terutama bila Anda belakangan sering merasa mudah lelah dan lemas.

Kehijauan
Yang mungkin terjadi adalah infeksi bakteri, kadang kala selain warna kuku berubah jadi hijau, kuku juga terasa sakit dan bengkak. Antibiotik yang diminum secara oral biasanya dipakai untuk menyembuhkan infeksi ini.

Bintik kehitaman atau garis coklat
Bila Anda menemui tanda ini, bisa jadi Anda mengalami kurang gizi, terutama zat besi. Kemungkinan lain adalah Anda baru mengalami trauma psikologi. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui perawatan yang paling tepat.

Pewangi rambut alami
Manfaat daun dewa
Manfaat lidah buaya
Manfaat bunga putri malu

Source : kompas.com
Share:

0 comments:

More Relative

Topic Relation:
Custom Search

Iklankan Diri Anda (BARU)

Mau cari kerja
Cari-Kerja
Cari-Lowongan

Anda Butuh Pegawai
Cari Pegawai
Cari-karyawan
Cari-pekerja

Mau Kritik Atau saran
Transportasi Busway
Custom Search